Pemuda Desa Sukamenak Dirikan Sanggar Dangiang Gending Rahayu - DESA SUKAMENAK

desasukamenak.sumedangkab.go.id. Untuk menampung bakat seni para remaja putra dan putri juga perwakilan ibu-ibu, kelompok pemuda Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja mendirikan sanggar seni tradisional yang dibernama Sanggar Dangiang Gending Rahayu. Kini, sudah ada 50 orang Lebih bergabung dalam sanggar ini.

"Kami sudah memiliki sanggar tempat dimana kami bisa berlatih, bermain dan mengembangkan bakat para remaja juga bukan hanya remaja juga ibu-ibu yang hobi seni dan musik tradisional," ujar tokoh pemudi Desa Sukamenak, Epi Kurniawati (usu), Rabu (7 Juli 2021).

Menurut Epi (usu), meski peralatan seni dan musik belum lengkap di sanggar itu, namun aktivitas latihan terus kontinyu hampir setiap sore. Ia menyebutkan, untuk melengkapi peralatan musik tradisionalnya, pihaknya bekerjasama dengan para pelaku seni budaya untuk saling meminjam atau menyewa, meski sebenarnya saat ini di batasi karena masa Pandemi Covid-19.

"Untuk keseriusan mengembangkan minat para remaja juga bukan hanya remaja juga ibu-ibu akan musik tradisional, malah kami sampai mendatangkan pelatih atau guru seni musik tradisional dari luar Sukamenak," ucapnya.

Meski belum lama berdiri, kata Epi minat remaja akan seni dan musik tradional begitu tinggi. Dalam tempo cepat para remaja dan ibu-ibu sudah bisa mentas dalam sebuah acara upacara adat sunda atau dalam pesta perkawinan.

Dalam tempo dekat, sanggar akan berupaya melengkapi alat atau instrumens penunjang keberadaan sanggar, diantaranya kelengkapan gamelan. Adapun kegiatan di Sanggar Dangiang Gending Rahayu tersebut antara lain seni tradisional seperti degung, calung, reak dan upacara adat sunda.***(TBW)

JANGAN LEWATKAN JUGA TONTON DI YOUTOBE :SANGGAR SENI DANGIANG GENDING RAHAYU klik disini